Kamis, 24 Desember 2015

Tahun 2016, Militer Indonesia Terima 6 Heli EC725 Dari PT DI

Kekuatan militer Indonesia khususnya armada helicopter akan bertambah pada tahun 2016 mendatang seiring dengan akan diterimanya Helikopter EC-725 Caracal dari PT Dirgantara Indonesia. Dikabarkan PT DI akan menyerahkan 6 unit helicopter tersebut ke militer Indonesia untuk memperkuat alutsista TNI pada awal tahun 2016 mendatang.
Saat ini beberapa unit dari 6 unit tersebut sudah selesai dibangun di PT Dirgantara Indonesia, dan beberapa sudah menjalani serangkaian uji terbang. Ke-enam unit Helikopter canggih ini merupakan pesanan militer Indonesia untuk memperkuat alutsista TNI AU. Sebelumnya TNI AU mencari helicopter yang memiliki fungsi khusus untuk combat, search and rescue (CSAR) yang akhinya menjatuhkan pilihan ke helicopter ini.
Helikopter ini akan digunakan oleh TNI AU untuk keperluan tempur dan SAR jika untuk menancari dan menyelamatkan personil militer Indonesia yang terjebak dalam peperangan dan sejenisnya. Helikopter canggih ini sudah dilengkapi dengan fitur auto pilot, anti peluru, dan recovery engine field. Dari beberapa foto yang beredar, terlihat Helikopter ini juga akan dilengkapi dengan perangkat FLIR (forward looking infra red).

Helikopter EC-725 Caracal pesanan Militer Indonesia dilengkapi perangkat FLIR.
Helikopter EC-725 Caracal pesanan Militer Indonesia dilengkapi perangkat FLIR. Image Source : defense-studies.blogspot.com
Helikopter canggih dengan harga perunit sekitar 26 Juta Euro ini merupakan produk dari Airbus Military, dimana PT Dirgantara Indonesia berperang sebagai subkontraktor untuk memperoduksi fuseleg dan tail rotor untuk helicopter ini. Khusus untuk pesanan militer Indonesia, helicopter ini dirakit dan difinishing di PT DIrgantara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar